UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN BAHASA PADA SISWA KELAS I UPTD SDN PERRENG 2 KECAMATAN BURNEH KABUPATEN BANGKALAN

Authors

  • Muryani UPTD SDN PERRENG 2 KECAMATAN BURNEH

DOI:

https://doi.org/10.34557/jpl.v9i1.214

Keywords:

membaca, bahasa, permainan, permulaan

Abstract

Kegiatan pembelajaran membaca permulaan perlu diciptakan suasana yang menyenangkan dengan permainan bahasa . Diharapkan cara tersebut dapat mengatasi siswa tidak lancar membaca. Sesuai dengan temuan diberbagai Sekolah Dasar, membaca permulaan pada kelas I (satu) khususnya banyak ditemukan siswa yang tidak lancar membaca, sehingga menghambat prestasi belajarnya bahkan sampai tinggal kelas. dialami pada UPTD SDN Perreng 2 Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan  Data siswa yang tinggal kelas, pada tahun 2019/2020, 10 persen, tahun 2020/2021 sebanyak 12 persen, tahun ajaran 2021/2022 sebanyak 9,5 persen, tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 16 persen, hal itu disebabkan karena siswa tersebut tidak mampu membaca dengan lancar. Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, maka peneliti mencoba melakukan penelitian tindakan dikelas sebagai salah satu “upaya meningkatkan kemampuan membaca pada pembelajaran membaca permulaan melalui permainan bahasa pada siswa kelas I UPTD SDN Perreng 2 Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan”. Rumusan masalahnya: Apakah dengan menggunakan permainan bahasa akan dapat meningkatkan kemampuan membaca pada pembelajaran membaca permulaan siswa kelas I UPTD SDN Perreng 2 Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan? Tujuannya adalah Berdasarkan pembahasan dan rumusan masalah maka tujuan penelitian ini adalah : (1)Meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas I dengan menggunakan media permainan bahasa; dan (2) Mempermudah guru dan siswa melakukan proses pembelajaran membaca permulaan. Berdasarkan pembahasan dapat ditarik kesimpulan  : (1) Kegiatan penelitian tindakan kelas pada pembelajaran membaca permulaan  di kelas I (satu) UPTD SDN Perreng 2 Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan  pada tahun ajaran 2022/2023 untuk tema “ Diri sendiri” dinyatakan berhasil. Hal ini ditunjukkan oleh tercapainya indikator keberhasilan penelitian pada akhir siklus II permainan bahasa  yakni rata-rata kelas sebesar 7,74 dan ketuntasan belajar siswa sebanyak 35 orang ( 100 %); (2) Hasil penelitian menunjkkan bahwa penggunaan permainan bahasa   pada pelajaran membaca permulaan tema “Diri sendiri”  terbukti mampu meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I (Satu)   dan hasil belajar siswa.

References

Anderson, R. C. 1972. Language Skills in Elementary Education. New York: Macmillan Publishing Co, Inc.
Badudu. J. S. 1993. Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah: Tinjauan dari Masa ke Masa, Bambang Kaswanti Purwo (ed), Pelba 6. Yogyakarta: Kanasius.
Baradja, M. F. 1990. Kapita Selekta Pengajaran Bahasa. Malang: IKIP Malang.
Cleary, Linda Miller dan Michael D. Linn. 1993. Linguistics For Teachers. New York: Mc Graw-Hill.
Dworetzky, John. P. 1990. Introduction to Child Development. New York: West Publishing Company.
Goodman, Kenneth. 1988. The Reading Process. Dalam Carrell, Patricia L; Devine, Joanne; & Eskey, David E (eds). Interactive Approaches to Second Language Reading. Cambridge University Press.
Gibbons, Paulina. 1993. Learning to Learn in a Second Language. Australia: Heinemann Portmourth NH.
Muchlisoh. 1992. Materi Pokok Bahasa Indonesia 3. Jakarta: Depdikbud.
Pollit, Theodora. 1994. How Play and Work are Organized in Kindergarten Classroom. Journal of Research in Childhood Education. Vol. 9 No. 1.
Root, Betty. 1995. Membantu Putra Anda Belajar Membaca. Jakarta: Periplus.
Rofi’uddin, Ahmad. 2003. Faktor Kreativitas Dalam Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Islam Sabilillah Malang. Lemlit Universitas Negeri Malang.
Syafi’ie, Imam. 1999. Pengajaran Membaca di Kelas – Kelas Awal Sekolah
Dasar. Pidato Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Pengajaran
Bahasa Indonesia pada FPBS Universitas Negeri Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.
Smith, F. 1985. Reading. Cambridge: Camoridge University Press.
Semiawan, Conny. R. 2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini. Jakarta: PT Ikrar Mandiri Abadi.
Bodd, Elizabeth; et. All. 1996. Play Learning and The Early Childhood Curriculum. London: Paul Charman Publishing
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.

Downloads

Published

2023-03-01

Issue

Section

Articles