UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI MATERI POKOK PERILAKU TERPUJI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN READING GUIDE PADA SISWA KELAS III DI UPTD SDN TANJUNG JATI 1 KECAMATAN KAMAL KABUPATEN BANGKALAN
DOI:
https://doi.org/10.34557/jpl.v9i1.216Keywords:
PRESTASI BELAJAR, MATERI POKOK, PERILAKU TERPUJI, METODE PEMBELAJARAN, READING GUIDEAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran Reading Guide pada pembelajaran PAI materi pokok perilaku terpuji Kelas III di UPTD SD Negeri Tanjung Jati 1 Kecamatan Kamal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa Kelas III UPTD SD Negeri Tanjung Jati 1 Kecamatan Kamal pada semester ganjil tahun 2022/2023 dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap dari setiap siklusnya, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilaksanakan dengan menggunakan metode pembelajaran Reading Guide. Indikator hasil belajar pada penelitian ini berupa tercapainya ketuntasan belajar secara individu maupun klasikal. Adapun pengumpulan datanya dilakukan dengan metode: wawancara, observasi, dokumentasi dan tes prestasi (achievement test). Data hasil pengamatan tes prestasi (achievement test) atau nilai evaluasi diolah dengan statistik deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan pencapaian keberhasilan tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Penerapan metode pembelajaran Reading Guide dalam penelitian ini menggabungkan dengan metode cerita. Penyampaian materi perilaku terpuji dengan menggunakan metode pembelajaran Reading Guide, yaitu dengan memberikan sebuah cerita dan lembar pertanyaan. Dengan menggabungkan metode pembelajaran Reading Guide dengan metode cerita, dapat membuat peserta didik lebih termotivasi dan bersemangat sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat dengan perolehan aktivitas siswa, yaitu pada siklus I aktivitas peserta didik adalah 57,77% mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 75,25%. 2). Hasil belajar PAI siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Reading Guide mengalami peningkatan, khususnya pada materi pokok perilaku terpuji. Pra siklus diperoleh nilai rata-rata 60,25 dengan ketuntasan belajar 40% Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 64,75 dengan ketuntasan belajar 55%. Dan meningkat menjadi 74,25 dengan ketuntasan 80%. Sehingga bisa disimpulkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata dari pra siklus ke siklus I kemudian ke siklus II dan tidak perlu dilakukan siklus III.
References
Arikunto, Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2009.
Bariroh, Barorotul, “Metode Reading Guide”, http://elbarir.blogspot.com/2010/04/metode-reading-guide.html
Morgan, Clifford T, Introduction to Psychology, New York: Mc. Grow Hill Book Company, 1961.
Mustaqim, Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010.
Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2001.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2003.
Zaini, Hisyami, dkk., Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Pustaka Insani Madani, 2008.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.