PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MATERI MEMBIASAKAN AKHLAK TERPUJI MELALUI MODEL SIKLUS BELAJAR BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII MTS IBNU MALIK KECAMATAN BURNEH KABUPATEN BANGKALAN

Authors

  • Suci Rahmawati, S.Ag.,M.Pd. MTs Ibnu Malik Kecamatan Burneh

DOI:

https://doi.org/10.34557/jpl.v9i1.217

Keywords:

Kualitas Pembelajaran Akidah Akhlak, Model Siklus Belajar, Video Pembelajaran

Abstract

Berdasarkan refleksi awal yang dilakukan, diketahui bahwa dalam pembelajaran Akidah Akhlak yang berlangsung peran guru sebagai fasilitator kurang optimal, minat siswa terhadap mata pelajaran Akidah Akhlak rendah, dan pemanfaatan media kurang optimal. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang masih rendah yaitu 17 dari 26 siswa belum mencapai KKM. Memperhatikan beberapa kendala tersebut, peneliti ingin memperbaiki kualitas pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus. Rancangan penelitian ini terdiri dari 3 siklus dengan setiap siklus 1 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah guru dan siswa Kelas VIII MTs Ibnu Malik Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik pegumpulan data menggunakan tes dan nontes.Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru pada siklus I diperoleh skor 25 kategori baik, siklus II diperoleh skor 31 kategori sangat baik, dan siklus III diperoleh skor 34 kategori sangat baik. Skor rata-rata aktivitas siswa siklus I sebesar 26,8 kategori baik, siklus II diperoleh skor 29,5 kategori sangat baik, siklus III diperoleh skor 31,2 kategori sangat baik. Hasil belajar pada siklus I rata-rata 77,8 kategori cukup dengan ketuntasan klasikal 73%, siklus II rata-rata 84 kategori baik dengan ketuntasan klasikal 84%, siklus III rata-rata 88,07 kategori baik dengan ketuntasan klasikal 88,46%.

References

Anitah, Sri, dkk. 2011. Strategi Pembelajaran. Jakarta: UniversitasTerbuka.
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi.
Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah.Yogyakarta: Gava Media.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda Karya.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAI KEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Trianto. 2007. Model-model Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Uno, Hamzah B. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Wena, Made. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: BumiAksara.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.

Downloads

Published

2023-03-01

Issue

Section

Articles