PENERAPAN MEDIA TAKALINTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS IV DI UPTD SDN LEMBUNG GUNONG 2 KOKOP BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Lailiyatul Lutfiah, S.Pd UPTD SDN Lembung Gunong 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan
Keywords: Media TAKALINTAR, berhitung perkalian, hasil belajar

Abstract

Matematika merupakan salah satu materi yang sulit dipahami dalam pembelajaran. Seperti siswa
kelas IV UPTD SDN Lembung Gunong 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan bahwa siswa
mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar berhitung perkalian. Akibatnya siswa kurang
semangat dalam menindaklanjuti materi pembelajaran. Hal tersebut dibuktikan dari hasil belajar
pada ulangan harian yang masih banyak nilai siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan
Minimal. Yaitu dari 17 jumlah siswa, hanya ada 5 orang atau dengan persentase 29,41% siswa
terpenuhi, dan 12 orang atau dengan persentase 70,59% siswa belum mencapai Kriteria
Ketuntasan Minimal. Hal tersebut terjadi karena proses pembelajaran masih berjalan satu arah,
artinya tidak ada timbal balik dari siswa. Berdasarkan masalah tersebut peneliti tertarik
melakukan penelitian berjudul “Penerapan Media TAKALINTAR Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa Kelas IV UPTD SDN Lembung Gunong 2 Kokop Bangkalan”.
Maka hasil pada siklus I mulai ada peningkatan yang dibuktikan dengan sejumlah 9 orang atau
persentase 52,94% siswa “cukup berhasil” mencapai KKM. Sedangkan pada siklus II penalaran
siswa semakin berkembang sehingga hasil belajar meningkat signifikan, yaitu sejumlah 16 orang
atau dengan persentase 95% siswa berhasil memenuhi KKM. Sedangkan keaktifan siswa juga
mengalami peningkatan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai observasi keaktifan siswa pada
siklus I yang memperoleh nilai analisis 67,50%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 90%.
Maka dengan demikian penerapan media TAKALINTAR dapat meningkatkan “keaktifan dan hasil
belajar siswa” dalam pembelajaran matematika tentang berhitung perkalian pada siswa kelas IV
UPTD SDN Lembung Gunong 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan tahun pelajaran
2021/2022.

References

Ali Moh. 2002. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Makalah disampaikan dalam
Seminar Pendidikan.
Hamalik Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hasibuan, J.J. 1990. Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nurhadi, A. 2016. Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan:
Goresan Pena.
Nur, Muhammad dkk. 2000. Strategi-strategi Belajar. Surabaya: Unipress UNESA.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.(Cet. XV). Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Mashuri, Sufri. 2019. Media Pembelajaran Matematika.Yogyakarta: Grup Penerbitan CV
Budi Utama.
Sardiman. 2002. Interaksi dan Motivasi Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sri Lestari. 2013. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika tentang Perkalian Melalui
Batang Napier pada Siswa Kelas III SDN Kembangbilo I Kecamatan Tuban
Kabupaten Tuban Tahun Pelajaran 2013/2014. PTK Tidak Diterbitkan. Tuban:
SDN Kembangbilo I.
Sri Utami. 2013. Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Konsep Bangun Datar Melalui
Model Realistic Mathematics Education Pada Siswa Kelas III SDN Tanen
Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung Tahun 2013. PTK Tidak
Diterbitkan. Tulungagung: SDN Tanen.
Ratumanan, Tanwey Gerson. 2003. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa
University Press.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Published
2022-12-28
Section
Articles