MEDIA DAKOTA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI UPTD SDN MANDUNG 2 KECAMATAN KOKOP KABUPATEN BANGKALAN

Authors

  • Fatmawati UPTD SDN Mandung 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan

Keywords:

Matematika, media dakota, siswa kelas IV

Abstract

Pembelajaran matematika sering mengalami hambatan terutama dalam pencapaian hasil belajar
yang diharapkan. Hambatan tersebut disebabkan oleh peserta didik yang tidak memperhatikan
penjelasan guru pada saat pembelajaran berlangsung, sehingga peserta didik kurang
berpartisipasi secara aktif. Hal tersebut terjadi pada peserta didik kelas IV UPTD SDN Mandung 2
Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan bahwa nilai mata pelajaran matematika yang diperoleh
masih rendah. Dimana dari 29 orang jumlah siswa keseluruhan, hanya 6 atau 20% saja yang
dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal. Hal tersebut harus segera diatasi agar tidak jadi
permasalahan yang berlarut-larut. Maka dilakukan penelitian berjudul “Penggunaan Media
Dakota Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematikaa Siswa Kelas IV UPTD SDN Mandung 2
Kokop Bangkalan”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar
matematika siswa kelas IV UPTD SDN Mandung 2. Maka hasil penelitian diperoleh pada tahap
pra siklus sebanyak 7 atau 24% siswa yang tuntas, kemudian pada siklus I sebanyak 10 atau
sejumlah 34% siswa tuntas, dan pada siklus II sejumlah 27 atau 93% siswa tuntas. Ketuntasan ini
telah mencapai standar, maka dianggap telah cukup dan tidak dilanjutkan lagi pada siklus
berikutnya atau pembelajaran diakhiri. Maka dengan demikian berdasarkan hasil penelitian pada
pra siklus, siklus I, dan siklus II sebanyak 27 siswa mendapat nilai diatas KKM. Maka jika
dipersentasekan pada pra siklus dengan presentase 24% siswa tuntas, pada siklus I dengan
presentase 34% tuntas, dan pada siklus II ini maka disimpulkan bahwa bahwa media dakota dapat
meningkatkan hasil belajar matematika pada materi menghitung FPB dan KPK siswa kelas IV
UPTD SDN Mandung 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan tahun pelajaran 2022/2023.

References

Asmani, J. M. 2011. 7 Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan
Menyenangkan). Yogyakarta: DIVA Press.
Departemen Pendidikan Nasional (2006), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta, Pusat Kurikulum.
Eva Y. Nukman dan C. Erni Setyowati. 2021. Buku Panduan Guru Bahasa Indonesia Lihat
Sekitar. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan
Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan
Teknologi.
Eva Y. Nukman, Cicilia Erni Setyowati. 2021. Bahasa Indonesia Lihat Sekitar SD Kelas
IV. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan
dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jalan Gunung Sahari
Raya No. 4.
Milan Rianto. 2006. Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran. Malang: Departemen
Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga
Kependidikan Pusat Pengembangan Penataran Guru IPS dan PMP.
Muhamad Afandi. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang:
UNISSULA Press.
Nurhadi, A. 2016. Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan:
Goresan Pena.
Rusyan Tabrani A. 1989. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: remaja
Rosdakarya.
Sudjana, N. 1988. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Suhartiningsih. 2012. Penarapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk
Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VI Semester I Tahun
Pelajaran 2012/2013. PTK Tidak diterbitkan. Tulungagung: SDN 1 Wates.
Widayati,W. Martono, B., dan Mardiana, N. 2018. Model Diskusi pada Pelatihan
Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Jurnal Ilmiah : FONEMA. 1 (2): 138-151.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.

Downloads

Published

2022-12-28

Issue

Section

Articles