OPTIMALISASI PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V UPTD SDN MANDUNG 1 KOKOP BANGKALAN

Authors

  • Martin, S.Pd UPTD SDN Mandung 1 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan

Keywords:

Model Kooperatif NHT, PKn, siswa kelas V

Abstract

Pendidikan merupakan proses membantu manusia dalam mengembangkan diri sehingga mampu
menghadapi setiap perubahan yang terjadi dalam kehidupan. Pelajaran PKn perlu diorientasikan
membekali peserta didik untuk mampu hidup dan berkonstribusi secara optimal dalam menghadapi
abad 21. Namun permasalahan terjadi di UPTD SDN Mandung 1 Kokop Bangkalan yang motivasi
belajar siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar masih sangat kurang. Hal tersebut
dikarenakan proses pembelajaran yang dilakukan guru selalu menggunakan metode konvensional,
tidak menggunakan media belajar yang optimal, sehingga peserta didik menjadi pasif dan tidak
bersemangat dalam mengikuti proses belajar mengajar. Permasalahan tersebut perlu diupayakan
dalam pemecahannya, salah satunya adalah melakukan perbaikan di kelas sehingga dapat
mengubah suasana pembelajaran yang melibatkan siswa lebih aktif. Oleh karena itu dilakukan
penelitian berjudul ”Optimalisasi Pembelajaran PKn Melalui Model Kooperatif Numbered Heads
Together (NHT) Pada Siswa Kelas V UPTD SDN Mandung 1 Kokop Bangkalan”. Berdasarkan
tindakan yang telah dilakukan, maka hasil belajar siswa meningkat dengan signifikan. Hal tersebut
dibuktikan dengan hasil yang diperoleh kelompok 1 pada siklus I mendapat nilai rata-rata 56,25
dan siklus II naik menjadi nilai rata-rata 87,5. Adapun hasil kelompok 2 dalam siklus I mendapat
nilai rata-rata 62,5 dan siklus II naik menjadi nilai rata-rata 81,25. Hasil kelompok 3 pada siklus I
mendapat nilai rata-rata 50 dan siklus II naik menjadi nilai rata-rata 81,25. Adapun hasil
kelompok 4 pada siklus I mendapat nilai rata-rata 56,25 dan siklus II naik menjadi nilai rata-rata
87,5. Kemudian juga terdapat peningkatan signifikan dalam tes individu. Hal tersebut dibuktikan
hasil pada siklus I hanya dicapai 38,89% atau sejumlah 7 anak yang tuntas belajar, kemudian
pada siklus II semua siswa tuntas atau 100% dari 18 jumlah keseluruhan memenuhi Kriteria
Ketuntasan Minimal. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan
model kooperatif Numbered Head Together (NHT) dapat mengoptimalkan belajar siswa pada
pelajaran PKn kelas V UPTD SDN Mandung 1 Kokop Bangkalan Tahun Pelajaran 2021/2022.

Author Biography

Martin, S.Pd, UPTD SDN Mandung 1 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan

fg

References

Arikunto, S. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S 2002. Prosedur Penelitian, Pendekatan Suatu Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Ekayanto, Rachmad. 2011. Peningkatan Hasil Belajar PKn Melalui Model Quantum
Learning Bagi Siswa Kelas IV di SDN Sidomulyo 08 Kecamatan Silo Jember
Semester Dua Tahun 2011/2012. PTK Tidak Diterbitkan. Jember: SDN Sidomulyo
08.
Lie Anita. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: PT Grasindo.
Miftahul A’la. 2010. Quantum Theaching. Jogjakarta: DIVA Pres.
Nur Mohamad. 2008. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains Dan Matematika
Nurhadi, A. 2016. Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan:
Goresan Pena.
Gino, J. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Surakarta: UNS Press.
Oemar Hamalik. 1995. Kurikulum dan Pengajaran. Bandung: Bumi Aksara.
Sugandi. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: Unnes Press.
Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Udin S. Winataputra, dkk. 2003. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pusat Penerbitan
Universitas Terbuka.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.

Downloads

Published

2022-12-28

Issue

Section

Articles