UPAYA PENINGKATAN KINERJA PENDIDIK DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI SUPERVISI INDIVIDUAL TERHADAP GURU KELAS I SAMPAI DENGAN VI UPTD SD NEGERI BANYUAJUH 9 KECAMATAN KAMAL KABUPATEN BANGKALAN TAHUN 2022/2023
Abstract
Berawal dari permasalahan rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas 1 s/d VI UPTD SD Negeri
Banyuajuh 9 Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan. Setelah dilakukan evaluasi, paermasalahan
tersebut dipicu karena kinerja guru dalam melakukan proses belajar mengajar kurang meciptakan
pembelajaran yang efektif dan bermakna sehingga anak-anak tidak fokus belajar atau mengikuti
pembelajaran dengan asal-asalan. Berdasarkan uraian permasalahan tersebut maka dilakukan
pendampingan perseorangan terhadap semua guru kelas UPTD SD Negeri Banyuajuh 9.
Pelaksanaan supervisi individual diharapkan dapat membuka ruang kepada setiap guru dalam
menyelesaikan tugas dengan baik, oleh karena itu penelitian ini berjudul “Upaya Peningkatan
Kinerja Pendidik Dan Hasil Belajar PKn Melalui Supervisi Individual Terhadap Guru Kelas I
Sampai Dengan VI UPTD SD Negeri Banyuajuh 9 Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan Tahun
Ajaran 2022/2023”. Adapun hasil tindakan pendampingan, terjadi peningkatan dari siklus I ke
siklus II dan III. Hal tersebut dibuktikan dari Komponen Rencana Pembelajaran siklus I dapat
diketahui bahwa masih ada kinerja guru yang tidak baik, namun siklus II meningkat menjadi cukup
baik, dan siklus III meningkat lagi menjadi baik dan sangat baik. Sedangkan aspek Komponen
Pelaksanaan Pembelajaran dalam siklus I juga masih ada kinerja guru yang tidak baik, namun
siklus II meningkat menjadi cukup baik, dan siklus III berubah menjadi baik dan baik sekali.
Sedangkan dari hasil belajar PKn siswa juga terjadi peningkatan, hal tersebut dibuktikan pada
siklus I rata-rata kelas I s/d VI nilai tertinggi dicapai 62.33, dan nilai rata-rata terendah dicapai
58.95. Pada siklus II meningkat bahwa rata-rata tertinggi dicapai 69.15, dan rata-rata terendah
dicapai 65,25. Dan pada siklus III rata-rata tertinggi dicapai 76.45, dan rata-rata terendah
dicapai 75,15. Maka berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa supervisi individual
dapat meningkatkan kinerja guru dan hasil belajar siswa kelas I s/d VI UPTD SD Negeri
Banyuajuh 9 Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan.
References
kompetensi dan kinerja guru dalam kegiatan belajar mengajar di UPTD SDN
Bancaran 4 Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan.Tahun 2019/2020. pISSN 2654-7295. e-ISSN 2655-5700. re-JIEM/Vol. 2No.2 Dec.2019. hlmn:269.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta.
E, R. M., & Afriansyah, H. 2019. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. pp. 2-4.
Halik, A., Nurhadi, A., Soleh, B., & Kurniawan, D. A. (2022). IMPLEMENTASI
SUPERVISI DALAM MENINGKATKAN KINERJA TENAGA
KEPENDIDIKAN DI MA AZ-ZUBAIR TLANAKAN PAMEKASAN. re-JIEM
(Research Journal of Islamic Education Management), 5(1), 32-45.
Nurhadi, A. 2016. Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan:
Goresan Pena.
Panduan Supervisi Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat
Pembinaan Sekolah Dasar Tahun 2016.
Laili Komariyah dkk. 2021. Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan Abad 21.
Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini Anggota IKAPI (026/DIA/2012).
Lantip Diat Prasojo, Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
Raharjito Sadiman, Rahardjo, Haryono. 2010. Media Pendidikan Pengertian,
Pengembangan Dan Pemanfaatannya. Bandung: Tarsito.
Suharsimi, Arikunto. 2004. Dasar-Dasar Supervisi, Jakarta: Rineka Cipta.
Surya Dharma.2008. Monitoring Dan Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran; Modul
Untuk Pengawas. Jakarta: Ditjrn PMPTK.
Wakingah. 2008. Teknik Supervisi Individual: Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru
Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan RPP di Kota Yogyakarta. Jurnal
Pendidikan Madrasah, Volume 3, Nomor 2, November 2018 P-ISSN: 2527-4287 -
E-ISSN: 2527-6794.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.