MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL DISCOVERY LEARNING MUATAN PELAJARAN IPA MATERI EKOSISTEM PADA SISWA KELAS V UPTD SD NEGERI BANDANG LAOK 1 KOKOP BANGKALAN

Authors

  • Mohamad Fausi UPTD SD Negeri Bandang Laok 1 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan

Keywords:

Siswa kelas V, model Discovery Learning, IPA

Abstract

Berbagai permasalahan pembelajaran sering dialami oleh guru. Berdasarkan pengalaman selama
melakukan proses belajar mengajar di UPTD SDN Bandang Laok 1 Kecamatan Kokop Kabupaten
Bangkalan, peneliti menemukan banyak siswa kurang aktif dan tidak berani mengeluarkan ide
serta gagasan. Hal ini terbukti dari rendahnya Penilaian Tengah Semester (PTS) pada mata
pelajaran IPA yang hanya dicapai 42% dimana masih banyak nilai siswa dibawah KKM dan
ketuntasan klasikal yang diharapkan sebesar 85%. Rendahnya hasil belajar IPA ini dikarenakan
berbagai faktor, salah satunya adalah belum menggunakan model pembelajaran yang tepat dan
sesuai dengan materi ajar. Melihat permasalahan tersebut, maka peneliti ingin mengatasi dengan
menerapkan model pembelajaran yang dapat mendorong siswa lebih aktif yaitu model Discovery
Learning, dimana model ini dikira dapat meningkatkan keaktifan dan meningkatkan hasil belajar
siswa. Berdasarkan fenomena tersebut, maka dilakukan penelitian tindakan kelas ini berjudul
“Meningkatkan Hasil Belajar Dengan Menerapkan Model Discovery Learning Muatan Pelajaran
IPA Materi Ekosistem Pada Siswa Kelas V UPTD SD Negeri Bandang Laok 1 Kokop Bangkalan”.
Berdasarkan hasil pembahasan yang telah diurai bahwa proses belajar mengajar IPA lebih efektif
dan memberikan hasil yang lebih optimal. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil penelitian yang
dilakukan selama dua siklus dan telah dianalisis bahwa penerapan model pembelajaran Discovery
Learning mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang
ditunjukkan dengan hasil wawancara, rata-rata jawaban siswa menyatakan tertarik dan berminat
dengan model pembelajaran Discovery Learning sehingga mereka menjadi termotivasi untuk
belajar. Kemudian juga dibuktikan dengan peningkatan hasil nilai rata-rata siswa dalam setiap
siklus yaitu siklus I sebesar 72 dan meningkat di siklus II sebesar 87. Sedangkan ketuntasan secara
klasikal dalam siklus I (67%) dan siklus II (84%). Maka dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas V UPTD SD Negeri Bandang Laok 1 Kecamatan Kokop
Kabupaten Bangkalan. Maka dapat disarankan bahwa guru hendaknya dalam melaksanakan
proses belajar mengajar menggunakan model Discovery Learning karena telah terbukti dapat
meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

References

Agustina. 2007. Pedoman Penulisan Skripsi dan Laporan Penelitian STKIP PGRI
Sampang.
Arikunto, S. Suhardjono, Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Poerwodarminto, Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta.
Moleong. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muchlison, Adib. 2012 Peningkatan Keaktifan Kerja Kelompok dengan Pendekatan
Keterampilan Proses Mata Pelajaran IPA bagi Siswa Kelas V SDN I Semanding
Kecamatan Pucanglaban Tulungagung. PTK Tidak diterbitkan. Tulungagung: SDN
I Semanding.
Murniati, Endyah. 2007. Kesiapan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Surabaya:
Intelectual Club (SIC).
Nasution, Noehi. 1995. Materi Pokok Psikologi Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nurhadi, A. 2016. Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan:
Goresan Pena.
Nurhadi, A., Pratiwi, N. A., & Soleh, B. 2021. Penarikan Minat Masyarakat Sebagai
Wujud Strategi Kepala Sekolah Dalam Membangun Citra Positif Lembaga Di SMAWachid Hasyim Pamekasan. re-JIEM (Research Journal of Islamic Education
Management), 4(2), 206-218.
Nurhadi; Senduk, A.G. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and
Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri
Malang (UMPRESS).
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana.
Sarwiji Suwandi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah.
Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.

Downloads

Published

2022-12-28

Issue

Section

Articles