UPAYA BIMBINGAN MELALUI PELATIHAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PENDIDIK PAUD DAN TK DI LINGKUNGAN KORWIL BIDANG PENDIDIKAN KECAMATAN SOCAH KABUPATEN BANGKALAN

  • Haryadi, S.Pd., M.Si Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan
Keywords: kompetensi pedagogik, guru PAUD, bimbingan

Abstract

Seorang pendidik harus memiliki kompetensi dasar, yang antara lain adalah kompetensi sosial,
kompetensi pedagodik, kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian. Pelaksanaan proses
belajar mengajar kompetensi yang paling dibutuhkan adalah kompetesi pedagogik, karena
kompetensi ini berkenaan dengan pengelolaan pembelajaran. Namun guru PAUD dan TK di
lingkungan Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan saat ini belum
memenuhi kompetensi pedagogik berkaitan dengan pengelolaan pembelajaran. Sedangkan penilik
dituntut untuk dapat melakukan perencanaan, pemantauan, pengendalian mutu dan evaluasi
dampak. Dengan demikian, perlu adanya upaya yang dilakukan seorang penilik untuk
meningkatkan profesionalitas seorang pendidik. Berdasarkan paparan diatas, peneliti sebagai
salah satu penilik di lingkungan Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Socah Kabupaten
Bangkalan mengajukan program bimbingan melalui pelatihan dalam meningkatkan kompetensi
pedagogik pendidik PAUD dan TK. Maka kemudian program tersebut mendapat tanggapan dari
ketua HIMPAUDI dan PKG serta Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kecamatan Socah
sehingga penelitian ini berjudul “Upaya Bimbingan Melalui Pelatihan Untuk Meningkatkan
Kompetensi Pedagogik Pendidik PAUD dan TK di Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan Tahun
Pelajaran 2021/2022”. Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian yang sesuai dengan
permasalahan, maka dapat diartikan bahwa bimbingan melalui pelatihan dapat meningkatkan
kompetensi pedagogik guru PAUD dan TK. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil pada siklus I
keberhasilan dicapai dengan persentase nilai rata-rata 71% sedangkan pada siklus II dicapai
dengan persentase nilai rata-rata 93%. Hasil dari bimbingan melalui pelatihan yang dilakukan
penilik PAUD dan TK di lingkungan Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Socah ditandai dengan
adanya perubahan perilaku pendidik ketika sebelum dan sesudah mengikuti bimbingan melalui
pelatihan. Hal tersebut terbukti dari kualitas pendidik PAUD dalam proses belajar mengajar
menjadi lebih baik. Maka dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa bimbingan melalui
pelatihan dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAUD dan TK di lingkungan Korwil
Bidang Pendidikan Kecamatan Socah tahun pelajaran 2021/2022.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta.
Mudlofir. Ali. 2012. Pendidik Profesional. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Mulyasa, E.
2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosda
Karya
Nurhadi, A. 2016. Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan:
Goresan Pena.
Sudjana, Nana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Algensindo.
Suhartin, R.I. dan Simangunsong, Bonar. 1989. Pembinaan Personil Melalui Bimbingan
dan Penyuluhan. Jakarta: Panelrindo.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RepublikIndonesia Nomor 38 Tahun 2013
tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Penilik dan Angka Kreditnya.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Bandung: Citra Umbara
Usman, Uzer. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Usman, Ramly. 2017. Pengendalian dan Penjaminan Mutu. Jakarta: Penerbit Universitas
Trisakti.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Cet-17. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Cetakan
12. Jakarta: Bumi Akasara.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Published
2022-12-28
Section
Articles