PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI IPA TENTANG ANGGOTA TUBUH MELALUI PUZZLES PICTURE GAME PADA SISWA KELAS I SDN TRAMOK 2 KECAMATAN KOKOP TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • Leo Wahyudi, S.Pd UPTD SDN Tramok 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan
Keywords: Hasil Belajar, IPA,, Puzzle Picture Game

Abstract

Kenyataan di lapangan, masih banyak guru yang kurang tepat dalam menggunakan model
pembelajaran, yang termasuk juga peneliti sebagai guru kelas I di UPTD SDN Tramok 2
Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan. Permasalahan yang dialami peneliti terjadi pada
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Hal tersebut terlihat ketika pembelajaran dimulai
banyak siswa yang kurang bersemangat masuk ke dalam kelas, ada yang masih duduk santai di
depan kelas, ada yang masuk kelas namun hanya duduk termangu di bangku sekolah, bahkan ada
juga yang tidur ketika pembelajaran IPA berlangsung. Permasalahan tersebut menunjukkan bahwa
aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA kurang efektif. Permasalahan tersebut semakin
jelas ketika dilihat hasil belajar harian siswa kelas I UPTD SDN Tramok 2 Kecamatan Kokop
Kabupaten Bangkalan sangat rendah. Kemudian peneliti mengukur secara langsung melalui
pengamatan terhadap kegiatan pelaksanaan pembelajaran IPA, maka permasalahan terlihat
bahwa siswa masih kurang terlibat dalam pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar
siswa sangat rendah. Hasil (Observasi Awal Bulan Februari 2022). Berdasarkan latar belakang
tersebut maka diadakan penelitian berjudul “Peningkatan Hasil Belajar materi IPA Tentang
Anggota Tubuh Melalui Puzzle Picture Game Pada Siswa kelas 1 UPTD SDN Tramok 2
Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2021/2022”. Maka berdasarkan hasil
penelitian bahwa model puzzle picture game dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Hal ini dapat dibuktikan pada observasi aktivitas siswa yang terjadi peningkatan dari siklus I, dan
dari siklus I ke siklus II. Yaitu dari kategori kurang baik menuju kategori baik, dan kategori baik
menuju kategori sangat baik. Sedangkan dari nilai tes dalam setiap siklus juga terjadi peningkatan.
Hal tersebut dapat dibuktikan dari nilai rata-rata kelas yang dicapai pada siklus I sebesar 59.66,
sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 84. Adapun presentase ketuntasan siswa pada siklus I
sebesar 53% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 86%. Dengan demikian dapat
dikatakan bahwa model pembelajaran puzzles picture game dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar IPA pada siswa kelas I UPTD SDN Tramok 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan
dalam tahun pelajaran 2021/2022. Maka berdasarkan hasil diatas, kemudian pelaksanaan
tindakan kelas ini dianggap baik dan sudah mencapai indikator keberhasilan, maka tindakan
penelitian ini di anggap sudah selesai.

Author Biography

Leo Wahyudi, S.Pd, UPTD SDN Tramok 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan

fg

References

Arikunto, S. Suhardjono, Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta.
Indarti. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Ilmiah. Surabaya: FBS
UNESA.
Indrawati. 2008. Karakteristik Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta. Erlangga.
Jihad Asep, dkk. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kunandar. 2015. Penelitian Autentik (Peniliaian Hasil Belajar Peserta Didik
Berdasarkan Kurikulum 2013): Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan
Contoh. Jakarta: PTRajagrafindo Persada.
Muchlison, Adib. 2012. Peningkatan Keaktifan Kerja Kelompok dengan Pendekatan
Keterampilan Proses Mata Pelajaran IPA bagi Siswa Kelas V SDN I Semanding
Kecamatan Pucanglaban Tulungagung. PTK Tidak diterbitkan. Tulungagung: SDN
I Semanding.
Nurhadi, A. 2016. Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan:
Goresan Pena.
Nasution, Noehi, dkk. 1995. Materi Pokok Psikologi Pendidikan. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana.
Wojowasito, Poerwadaminta. 2004. Belajar sambil bermain. Jakarta : Rineka Cipta.
Published
2022-12-28
Section
Articles