PENGGUNAAN MEDIA KOTAK STIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS II TENTANG PERKALIAN BILANGAN CACAH DI UPTD SDN KOKOP 3 KECAMATAN KOKOP KABUPATEN BANGKALAN

  • Darul Hikmah UPTD SDN Kokop 3 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan
Keywords: Media Kotak Stik, Perkalian Bilangan Cacah, dan kelas II

Abstract

Permasalahan terjadi pada siswa kelas II UPTD SDN Kokop 3 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan tahun pelajaran 2021/2022 yang diketahui bahwa prestasi belajar matematika rendah, hal tersebut terdeteksi dari hasil ulangan harian, yaitu observasi bulan September 2021 bahwa nilai belajar siswa kelas II UPTD SDN Kokop 3 banyak yang belum memenuhi KKM yaitu 68. Maka kemudian dilakukan penelitian berjudul “Penggunaan Media Kotak Stik Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas II Tentang Perkalian Bilangan Cacah Di UPTD SDN Kokop 3 Kokop Bangkalan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam menentukan hasil perkalian bilangan cacah dengan menggunakan media pembelajaran Kotak Stik. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan siswa dalam menentukan hasil perkalian bilangan cacah, seringkali melakukan kesalahan dalam menentukan angka yang dijumlahkan secara berulang, serta kesulitan dalam mengerjakan soal evaluasi tentang perkalian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II UPTD SDN Kokop 3 dengan jumlah sebanyak 12 orang. Penelitian dilakukan dalam 3 siklus, dimana pada setiap siklus dilakukan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil belajar siswa setelah penerapan media Kotak Stik ada peningkatan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil pada siklus I sejumlah 4 orang atau dengan presentase sebesar 33,3% siswa tuntas belajar, kemudian pada siklus II sejumlah 8 orang atau dengan presentase sebesar 66,7% siswa tuntas belajar, dan pada siklus III sejumlah 10 siswa dengan presentase sebesar 83,3% siswa tuntas belajar. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan media Kotak Stik dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas II tentang menentukan hasil perkalian bilangan cacah di UPTD SDN Kokop 3 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan.

References

Arima, N. & Indrawati, D. 2018, Pengembangan Media Pembelajaran Multiplication Stick Box Pada Materi Operasi Hitung Perkalian Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, Vol. 06 No. 07 Tahun 2018. Diakses 08 Februari 2021.
Indarti. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Ilmiah. Surabaya: FBS UNESA.
Karo-Karo, I.R. 2018. Manfaat Media Dalam Pembelajaran jurnal Axiom:Vol. VII, No.1, Januari 2018, P-ISSN: 2087-8249.
Mahmud & Tedi Priatna. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (Teori dan Praktik). Bandung:
Musfiqon, 2011. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Nurhadi, A. 2016. Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan: Goresan Pena.
Murdiyanto, T., Mahatma, Y. 2014. Pengembangan Alat Peraga Matematika Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sarwahita.
Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun. 2013. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.
Wardhani, Igak dan Wihardit, Kuswaya, 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wasmana. Modul Penulisan Karya Ilmiah. Program Studi Bimbingan dan Konseling Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Kependidikan Siliwangi.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.
Published
2022-12-28
Section
Articles