MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN KANG JUANG PADA KELAS II UPTD SDN DUPOK 2 KECAMATAN KOKOP KABUPATEN BANGKALAN

Authors

  • Aghnia Ilmi Chair UPTD SDN Dupok 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan

Keywords:

Media Kang Juang, Materi Pembagian, dan siswa kelas II

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini didasarkan pada permasalahan yang terdapat dalam proses
pembelajaran matematika di Kelas II UPTD SDN Dupok 2 Kecamatan Kokop Kabupaten
Bangkalan. Yaitu minimnya penggunaan media pembelajaran, pembelajaran yang terpaku pada
buku ajar, adanya anggapan bahwa matematika itu sulit membuat siswa sulit untuk memahami
materi yang diajarkan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan Penelitian Tindakan
Kelas dengan menggunakan media pembelajaran Kang Juang untuk mengatasi permasalahan
tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep
matematika siswa kelas II serta cara meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi
pembagian dengan menggunakan media pembelajaran Kang Juang. Hasil Penelitian Tindakan
Kelas ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika
siswa kelas II yang dibuktikan dengan jumlah siswa pada kemampuan rendah yang menurun
dengan presentase berturut-turut pada pra siklus 71,40 %, Siklus I 38,10 %, dan siklus II 14,30 %.
Sedangkan pada kemampuan Tinggi presentase jumlah siswa meningkat dengan presentase
berturut-turut pada pra siklus 28,60%, siklus I 38,10 %, dan siklus II 66,7%. Pada Tingkatan
Sedang, presentase jumlah siswa juga meningkat yakni sebesar 0% pada pra siklus, 23,80% pada
siklus I dan 14,3% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran Kang Juang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep mtematika materi
pembagian pada kelas II UPTD SDN Dupok 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan.

References

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Fadhila, Miftachul. 2022. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta

Didik Kelas V SD Negeri 2 Kalianda. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri

Raden Intan Lampung.

Heriyanto, Singgih. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Benda Konkret Terhadap Hasi

Belajar IPA Peserta didik di SD Negeri Gugus Kolopaking. Skripsi. Yogyakarta:

Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Yogyakarta.

Heruman, 2010. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT

Refika Aditama.

Muhsetyo, Gatot. 2017. Pembelajaran Matematika SD. Tangerang Selatan: Universitas

Terbuka.

Nurhadi, A. (2016). Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan:

Goresan Pena.

Permendiknas nomor 22 tahun 2006.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Quraisy, S., Fadli, M., & Nurhadi, A. (2023). Pengembangan Guru Pendidikan Agama

Islam Melalui Reaktualisasi Tujuan dan Materi Program Pelatihan di Era

Digital. Maharot: Jurnal Pendidikan Islam , 7 (2), 105-116.

Sadiman, Arif. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. et.al. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI

Bandung.

Susanto, Ahmad. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:

Prenadamedia Group.

Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.

Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.

Downloads

Published

2024-02-19 — Updated on 2023-12-01

Issue

Section

Articles