PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN SELA DI UPTD SDN TRAMOK 1 KECAMATAN KOKOP KABUPATEN BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Keywords:
Hasil Belajar, Media Sela, siswa kelas IVAbstract
Pendidikan merupakan suatu upaya sadar dan direncanakan untuk mewujudkan lingkungan
belajar yang membuat peserta didik antusias mengembangkan potensi dirinya, baik secara mandiri
ataupun berkelompok. Pendidikan pancasila berisikan nilai-nilai yang termaktub dalam pancasila.
Tujuan dari adanya pendidikan pancasila salah satunya menumbuhkembangkan kecintaan warga
terhadap negara Indonesia. Media adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi dari
sumber informasi kepada penerima informasi. Media pembelajaran Sela merupakan sekumpulan
kotak yang didesain menggunakan canva dan coreldraw berisikan materi sejarah pancasila, mulai
dari terbentuk pancasila hingga cara meneladani tokoh-tokoh yang berkecimpung dalam
pembentukan pancasila sebagai dasar negrara. Hal ini dimaksudkan untuk menghimpun seluruh
gaya belajar siswa, baik kaitan dengan gaya belajar visual, kinestetik, dan audio. Sela tidak hanya
berupa media yang bisa dimainkan dengan sederhana, Sela juga menggunakan teknologi HP
dalam pelaksanaannya. Sehingga diharapkan hasil belajar siswa akan mengalami peningkatan.
Permasalahan terjadi pada peserta didik kelas IV UPTD SD Negeri Tramok 1 Kecamatan Kokop
Kabupaten Bangkalan pada tahun pelajaran 2023/2024 yang diketahui bahwa hasil belajar PKn
rendah. Hal tersebut berdasarkan hasil dari penilaian formatif. Yaitu nilai hasil formatif peserta
didik bab 1 materi sejarah pancasila dari 22 peserta didik, 20 diantaranya berada di KKTP perlu
bimbingan. Hal ini, dikarenakan peserta didik kurang bersemangat dalam proses pembelajaran.
Berdasarkan masalah tersebut, peneliti tertarik dalam membuat sebuah media pembelajaran Sela
(Sejarah Pancasila) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV di UPTD SD Negeri
Tramok 1 Kecamatan Kokop, Kabupaten Bangkalan. Maka, hasil dari siklus I mengalami sedikit
peningkatan, namun pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Yaitu sejumlah 20
orang tuntas belajar dan hanya 2 anak yang masih belum tuntas. Rata-rata nilai peserta didik
yaitu 81,36, dalam hal ini mengalami kenaikan sebesar 23,18 dibandingkan hasil belajar siklus I.
Sedangkan keaktifan peserta didik juga mengalami peningkatan yang pada siklus I sejumlah 12
peserta didik cukup baik, kemudian pada siklus II sejumlah 18 peserta didik sangat baik dan
sebanyak 4 peserta didik baik keikutsertaan dalam proses pembelajaran. Maka dengan demikian,
Media Pembelajaran Sela dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV di UPTD SD
Negeri Tramok 1 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan.
References
Abi Hamid, dkk. 2020. Media pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Adam, S., & Syastra, M. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi
Informasi Bagi Peserta didik Kelas X Sma Ananda Batam. CBIS Journal, Volume 3
No 2, ISSN 2337-8794.
Arikunto, S. Suhardjono, Supardi.2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryono. 1998. Pengantar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jakarta: Rineka
Cipta, 1998.1.
Kurt Lewin, M. Keller.1992, Instructional Design Theory and Models : An Overview of
Their Current Status, Charles M. Regeluth (ed), Lawrence Erlbaum Associates,
London.
Jurnal Pendidikan & Pembelajaran 39 ISSN 2477-3077
JURNAL PENDIDIKAN & PEMBELAJARAN
JPP
Kokop
Nurhadi, A. (2016). Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan:
Goresan Pena.
Quraisy, S., Fadli, M., & Nurhadi, A. (2023). Pengembangan Guru Pendidikan Agama
Islam Melalui Reaktualisasi Tujuan dan Materi Program Pelatihan di Era
Digital. Maharot: Jurnal Pendidikan Islam , 7 (2), 105-116.
Saputra, Lukman, Surya., Aa Nurdiaman, dan Salikun. Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan : Buku Guru/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi
Revisi. (Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016), 7.
Smaldino, Sharon. E., Lowther, Deboran. L., Russel, James.D. (2011). Teknologi
Pembelajaran dan Media untuk Belajar. (Alih Bahasa: Arif Rahman). Jakarta:
Kencana.
Sudjana, N. & Ahmad Rivai. 2019. Media Pengajaran, Cetakan ke-14. Bandung: Sinar
Baru Algensindo.
Wati, Anjelina. 2021. Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan
Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 2–
No. 1, E-ISSN: 2721-7957.
Widayati,W. Martono, B., dan Mardiana, N. 2018. Model Diskusi pada Pelatihan
Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Jurnal Ilmiah : FONEMA. 1 (2): 138-151.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.