PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PROKLAMASI INDONESIA PADA MUATAN IPS DI KELAS VI UPTD SD NEGERI AMPARA’AN 2
Keywords:
IPS, model GI, dan siswa kelas VIAbstract
Pembelajaran merupakan bagian dari proses pendidikan, namun sering mendapatkan beberapa
masalah yang menjadi penghambat majunya pendidikan. Diantaranya adalah kurangnya motivasi
belajar siswa yang dikarenakan oleh penggunaan metode pembelajaran yang monoton dapat
mengurangi keaktifkan siswa, yang pada akhirnya berakibat pada hasil belajar rendah. Hal
tersebut sering dialami oleh para siswa kelas VI UPTD SDN Ampara’an 2 Kecamatan Kokop
Kabupaten Bangkalan khususnya pada mata pelajaran IPS. Kesulitan dimaksud adalah siswa
kurang berinteraksi dengan teman maupun dengan guru, siswa cenderung diam dan pasif apabila
tidak memahami materi yang disampaikan oleh guru, dan kurangnya keberanian siswa dalam
bertanya atau berpendapat. Hal tersebut berdampak pada hasil belajar siswa yang menunjukkan
bahwa ketuntasan hasil belajar siswa belum memenuhi KKM. Peneliti sebagai guru kelas VI di
UPTD SDN Ampara’an 2 bermaksud untuk meningkatkan keadaan tersebut, maka penulis akan
melakukan penelitian tindakan kelas berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Group
Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Proklamasi Indonesia Pada
Muatan IPS Di Kelas VI UPTD SD Negeri Ampara’an 2 Kecamatan Kokop Kabupaten
Bangkalan”. Maka hasil observasi awal belajar siswa rendah. Kemudian hasil tes evaluasi pada
pelaksanaan siklus I sejumlah 59% atau 7 siswa yang tuntas, kemudian meningkat lagi pada hasil
tes siklus II yang sejumlah 88% atau 15 siswa tuntas. Selanjutnya respons siswa pada siklus I
mengalami peningkatan, yaitu sejumlah 77% siswa memberikan respons positif, kemudian pada
siklus II sejumlah 88% siswa memberikan respons. Maka dengan demikian tindakan dihentikan,
karena telah mencapai target.
References
Arikunto, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Budimansyah. 2004. Belajar Kooperatif Model Penyelidikan Kelompok dalam
Pembelajaran Membaca Pemahaman untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca
Siswa Kelas V SD. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program studi pendidikan
Bahasa dan Sastra SD, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Cahyo, Agus.N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Jogjakarta: Diva
Press.
Fudholi, AN, & Nurhadi, A. (2023). Upaya Peningkatan Mutu Peserta didik melalui
Pengklasifikasian Kelas Berdasarkan Bakat dan Minat. JURNAL LENTERA: Kajian
Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi , 22 (2), 231-241.
Isjoni. 2011. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung:
Alfabeta.
Iswandi. 2009. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan
Hasil Belajar IPA tentang Tumbuhan Hijau Kelas V SDN Temenggungan 02
Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Skripsi Tidak Diterbitkan.
Krismanto. 2003. Beberapa Teknik, Model dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika.
PPPG Matematika Yogyakarta.
Mokhamad Kharis. 2012. Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Group
Investigation dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS di Kelas IV”. Skripsi Tidak
Diterbitkan.
Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Jogjakarta: Pustaka
Belajar.
Nurhadi, A. (2016). Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan:
Goresan Pena.
Sudjana Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda
karya.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sisdiknas. 2008. Undang-Undang Sisdiknas (UU RI No. 20 Th.2003). Jakarta: Sinar
Grafika.
Walgito, B. 2003. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : Andi Offset Wiriaatmadja,
Rochiati. 2010. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.