PENERAPAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI RUMAH DAN BAJU ADAT NUSANTARA PADA SISWA KELAS 4 UPTD SDN MANDUNG 2 KECAMATAN KOKOP KABUPATEN BANGKALAN

Authors

  • Sumarjono UPTD SDN Mandung 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan

Keywords:

pendidikan pancasila, media pop up book, dan siswa kelas IV

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan pancasila siswa kelas IV di
UPTD SDN Mandung 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan. Karena setelah diadakaan
observasi, diketahui bahwa dari 26 siswa hanya 31% siswa yang dapat mencapai KKM. Hal
tersebut di sebabkan karna saat proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah
dimana siswa merasa bosan dan jenuh Akibatnya saat proses pembelajaran di SDN Mandung 2
siswa tidak memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru, dan ada pula yang bermain dengan
teman sebangkunya, serta, siswa kurang berpartisipasi secara aktif, sehingga siswa sulit
memahami materi yang di ajarkan. Berdasarkan keadaan tersebut maka diadakan penelitian ini
berjudul “Penerapan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Rumah dan
Baju Adat Nusantara Pada Siswa Kelas IV UPTD SDN Mandung 2 Kecamatan Kokop Kabupaten
Bangkalan”. Maka kemudian hasilnya dapat ketahui bahwa keaktifan siswa pada siklus I dicapai
52%, kemudian naik menjadi 74% pada siklus II. Selanjutnya hasil belajar siswa pada siklus I
dicapai persentase dicapai 47% tuntas belajar, dan naik lagi siklus II yang dicapai 81% siswa
tuntas belajar. Maka berdasar hasil yang telah diperoleh ini maka dapat disimpulkan bahwa
belajar siswa kelas IV UPTD SDN Mandung 2 Kecamatan Kokop dalam pelajaran pendidikan
pancasila pada materi “Rumah dan Baju Adat Nusantara” dinyatakan berhasil dan penelitian
dihentikan.

References

Adelila, Sri. 2017. Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi.

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, Vol. 05, No.01, hlm 107-113, 2017

http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi.

Arikunto, S. Suhardjono, Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi

Aksara.

Burhan Nurgianto.1988. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. Yogyakarta:

BPFE.

Dimyati Dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembalajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dzuanda. 2011. Design Pop-Up Child Book Puppet Figures Series? Gatotkaca? Jurnal

Library ITS Undergraduate, (Online), (http://library.its.undergraduate.ac.id).

Diakses 15 Januari 2018.

Fatchul, Muhammad Mubarok Febrianto. 2014. Penerapan Media Dalam Bentuk Pop Up

Book Pada Pembelajaran Unsur-Unsur Rupa Untuk Siswa Kelas 2 SDNU Kanjeng

Sepuh Sidayu Gresik

Juhri, M., Nurlaili, Z., & Nurhadi, A. (2023). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality

Management/TQM). JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan

Teknologi, 22(2), 171-178.

Khoiriyah Evi. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata

Pelajaran IPA Kelas III SDN 3 Junjung Kecamatan Sumbergempol Kabupaten

Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD),

Vol.2 No.2 Juni 2018. http:ejournal.unikama.ac.id/index.php/JBPD

Mahfiana, L. (2003). Kesadaran hukum mahasiswa terhadap teknologi dan

perkembangannya. Prosiding Seminar Nasional & Temu Ilmiah Jaringan Peneliti

IAI Darussalam Blokagung Banyuwangi, 1–13.

Mujtahidin. 2014. Ilmu Pendidikkan (Teoritits dan Praktis). Bangkalan: UTM Press

Nurhadi, A. (2016). Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Kuningan:

Goresan Pena.

Ramansyah, Wanda. 2012. Strategi Pembelajaran. Bangkalan UTM Press.

Siti Umami, Skripsi: Pengaruh Media Pembelajaran VCD Terhadap Prestasi Belajar Fiqih

Siswa Kelas VII MTsN Bantul Kota, (Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan

Kalijaga, 2009), hlm. 12.

Slameto.2010. Belajar dan Faktor Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.

Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.

Downloads

Published

2023-12-01

Issue

Section

Articles