PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENENTUKAN VOLUME BANGUN RUANG MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V UPTD SDN MANOAN 2 KECAMATAN KOKOP KABUPATEN BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Yusuf Efendi UPTD SDN Mano’an 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan

Keywords:

Volume bangun ruang, Demonstrasi, Matematika

Abstract

Pendidikan adalah hal yang membedakan antara manusia dengan makhluk lainnya. Akal pikiran
yang bisa membuat manusia tersebut menjadi insan yang lebih baik dari pada sebelumnya.
Pengelolaan adalah awal dari semua proses suatu pelaksanaan kegiatan yang bersifat rasional.
Matematika adalah ilmu deduktif, aksiomatik, formal, hierarkis, abstrak, bahasa simbol yang padat
anti dan semacamnya sehingga para ahli matematika dapat mengembangkan sebuah sistem
matematika. Pembelajaran dapat dikatakan sebagai hasil dari memori, kognisi, dan metakognisi
yang berpengaruh terhadap pemahaman. Berdasarkan hasil ulangan bahwa hanya 4 dari 15 siswa
di kelas V yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 70. Kurangnya
tingkat pemahaman siswa pada materi disebabkan karena ketidaktepatan penggunaan strategi
pembelajaran yang menyebabkan siswa kurang bisa memahami volume bangun ruang. Oleh
karena itu, penulis mengangkat judul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Menentukan
Volume Bangun Ruang Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas V UPTD SDN
Mano’an 2 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2022/2023”. Maka setelah
dilakukan penelitian yang menggunakan metode demonstrasi pada siklus I dicapai sejumlah 56%
atau 8 siswa setuju dengan metode demonstrasi, kemudian pada pelaksanaan siklus II hasil
capaian siswa diketahui bahwa 14 anak atau 94% siswa setuju dengan pembelajaran dengan
menggunakan metode demonstrasi. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I yang diketahui
sejumlah 6 siswa atau 40% anak tuntas, kemudian pada siklus II hasil belajar siswa meningkat
yang dibuktikan dengan sejumlah 14 siswa atau 94% anak tuntas belajar. Dari hasil ini diketahui
bahwa hasil belajar siswa dengan pembelajaran yang menggunakan metode demonstrai meningkat
dengan signifikan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa metode
demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menentukan volume bangun ruang
pada siswa kelas V UPTD SDN Mano’an 2 Kecamatan Kokop Tahun Pelajaran 2022/2023. Maka
dapat disarankan bahwa metode demonstrasi bisa digunakan pada pelajaran matematika tepatnya
materi volume bangun ruang harus. Guru hendaknya perlu menambah wawasan tentang berbagai
macam model pembelajaran dengan tujuan agar dapat memilih model pembelajaran yang sesuai
dengan kondisi siswa, sehingga siswa tidak lagi menganggap Matematika merupakan pelajaran
yang sulit dan membosankan.

References

Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi

Aksara.

Badrud Tamam, Zainol Hasan,danHilmi Qosim Mubah. 2020. Pengelolaan Pembelajaran

di Sekolah Menengah Pertama Al-Faqih Sumber Nyamplong Kowel Pamekasan.

p-ISSN2654-729e-ISSN2655-5700143re-JIEM/Vol. 3No.2December2020DOI10

/re-jiem.v3i2.3486.

Huda. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Karso. Modul 1 Pembelajaran Matematika di SD.

Nurhadi, Ali. 2016. Profesi Keguruan: Menuju Pembentukan Guru Profesional. Goresan

Pena, Kuningan, Jawa barat.

Sudaryono, Margono, dan Rahayu. 2012. Pengembangan Instrumen Penelitian

Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trianto. 2009. Mendesain model pembelajaran inovatif progresive. Jakarta:Kencana

Undang-Undang 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pada pasal 1.4

Undang-Undang No 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional Pasal 39.

Wina Sanjaya. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran(Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Ahmadi, A. (2018). Eksistensi Media Sosial dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Santri. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 1(1), 46-55.

Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.

Downloads

Published

2023-12-01

Issue

Section

Articles