HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.34556/millennial.v3i1.319Keywords:
keterampilan membaca, berfikir logis, era digitalAbstract
Kemampuan membaca yang baik sangat penting untuk pembangunan keterampilan berpikir kritis. Berfikir kritis memerlukan pemahaman yang mendalam tentang bahan yang dibaca dan kemampuan untuk menganalisis informasi secara objektif. Kemampuan ini mencakup kemampuan untuk menyusun argumen yang logis dan koheren serta membedakan argumen yang kuat dari yang lemah. Berpikir kritis membantu orang melihat masalah dari berbagai sudut pandang dan membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan data yang mereka miliki. Selain itu, berpikir kritis juga dapat membantu seseorang menghindari penipuan dan manipulasi data, yang sering terjadi di era digital. Kemampuan argumentatif-persuasif bergantung pada kemampuan seseorang untuk membaca dengan baik dan kritis, yang memungkinkan seseorang untuk melihat masalah dari berbagai sudut pandang dan membuat kesimpulan berdasarkan pemahaman yang kuat. Ini akan memungkinkan mereka untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan persuasif pada akhirnya. Metode untuk mencapai hal ini adalah dengan membaca berbagai jenis teks. Dengan demikian, pemahaman bacaan yang baik dapat membantu pertumbuhan intelektual dan keterampilan analisis. Memiliki kemampuan untuk menganalisis secara kritis informasi yang diberikan dalam berbagai konteks, baik profesional maupun akademis, adalah alasan penting bahwa membaca harus dilakukan secara teratur. Tanpa membaca, seseorang tidak akan dapat menjadi individu yang berpikir kritis dan dapat membuat argumen yang masuk akal dan persuasif.
References
Alfin. (2018). Membangun budaya literasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia menghadapi era revolusi industri 4.0. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/1846
Azmi, Ala, Kayla, vol., & no. (n.d.). Pengaruh kurangnya literasi serta kemampuan dalam berpikir kritis yang masih rendah dalam pendidikan di Indonesia. https://www.academia.edu/download/93002306/32685_75730_1_PB.pdf
Bangsawan. (n.d.). Mengembangkan Minat Baca. PT Pustaka Adhikara Mediatama. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=hyWyEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=+Dengan+membaca,+seseorang+dapat+melihat+berbagai+sudut+pandang+dan+argumen+yang+berbeda,+sehingga+dapat+membuat+keputusan+yang+lebih+terinformasi.+Selain+itu,+&ots=LLvHPtm5lD&sig=bXkonzw9wnL1APE-Hes81KCXIBE
Cecep, & Astri. (2022). PEMODELAN PEMBELAJARAN DAN KETERAMPILAN Panduan Teknis Guru untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Dan Keterampilan Abad Ke-21 Siswa. https://repository.penerbitwidina.com/publications/558126/pemodelan-pembelajaran-dan-keterampilan-panduan-teknis-guru-untuk-meningkatkan-k
Chakra. (n.d.). Asyiknya Menulis. Bhuana Ilmu Populer. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=T3BMEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=pemahaman+seseorang.+Membaca+memaparkan+seseorang+pada+berbagai+perspektif+dan+ide-ide+baru,+merangsang+berfikir+kritis.+Selain+itu,+membaca+juga+membantu+seseo&ots=jETV4hnszj&sig=jpTsi0wWJQPJGha7SGWLQkjSLrQ
Emma, Titi, Maulana, Marselinus, Ifdlolul, Puji, Madya, Eva, & Agung. (n.d.). Manajemen sumber daya manusia. Unisma Press. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=D_tjEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&dq=mengidentifikasi+bias+yang+mungkin+ada+merupakan+keterampilan+yang+penting+dalam+era+informasi+digital+ini.+Dengan+kemampuan+ini,+seseorang+dapat+menghindari+pe&ots=DeXyWaMzSi&sig=SkOmVrwdq7sifnpOCKUGF9dgBIA
Endraswara. (n.d.). Etnologi Jawa. Media Pressindo. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=LDm4EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=membaca+secara+kritis+merupakan+langkah+awal+yang+penting+dalam+memperoleh+pengetahuan+yang+akurat+dan+membangun+pemikiran+yang+rasional.+Dengan+demikian,+penti&ots=g0lGSoUP4D&sig=VHu8ItFTAJpH5zI34yikPylzoho
Faiz. (2022). Pemanfaatan Pojok Baca dalam Menanamkan Minat Baca Siswa Kelas 3 Di SDN 1 Semplo. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/lensapendas/article/view/1714
Fakhriyah. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. https://journal.unnes.ac.id/nju/jpii/article/view/2906
Habibah. (n.d.). Studi Komparasi Konsep Pendidikan Perspektif KH Ahmad Dahlan dan Paulo Freire, serta Relevansinya dalam Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. http://etheses.iainponorogo.ac.id/17893/
Halim. (2022). Signifikansi dan implementasi berpikir kritis dalam proyeksi dunia pendidikan abad 21 pada tingkat sekolah dasar. https://jist.publikasiindonesia.id/index.php/jist/article/view/385
Halim. (2024). Menumbuhkan Minat dan Keterampilan Literasi pada Siswa Kelas IV MIN 19 Bireuen. https://mutiara.al-makkipublisher.com/index.php/al/article/view/211
Huriyah. (2016). Peran perpustakaan keluarga dalam meningkatkan minat dan keterampilan membaca anak. http://repository.uinsa.ac.id/id/eprint/622/
Isnaini. (2019). Pelaksanaan metode bercakap-cakap dalam pengembangan keterampilan bicara anak kelompok B. 1 di RA Permata Belia Kalipancur Semarang tahun . . .. http://eprints.walisongo.ac.id/9802/1/skripsi%20full%20word.pdf
Junining. (n.d.). Membaca Kritis, Membaca Kreatif: Panduan Praktis Bagaimana Cara Membaca Kritis untuk Semua Kalangan. Universitas Brawijaya Press. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=qUxODwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=etika+seseorang+membaca,+mereka+tidak+hanya+sekadar+menyerap+informasi+yang+disajikan+dalam+teks,+tetapi+juga+harus+mampu+menganalisis,+mengevaluasi,+dan+menyim&ots=gbARGg2Wzd&sig=j42ZTVjlmqfgWaDU7FZP0GYnmp8
Maharrani. (2017). Membaca Kritis, Berpikir Kritis dan Mahasiswa: Optimaliasi Peran Universitas Melalui Fungsi Organisasi Kemahasiswaan. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1079/922
Masani, Ishak, Kadir, & Vina. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/401
Muhamnad, Ikhfani, Welda, Nia, Jingga, HUMANIORA, vol., & no. (n.d.). Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Kalimat Fakta dan Opini dengan Media Wordwall di SDN 2 Tladan Magetan. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/5820
Nazzala, Miftarah, Ahmad, & Wiwin. (2023). Konsep Berpikir Kritis Perspektif Imam Fakhruddin Ar-Razi (Interpretasi Qs. Ali Imran: 190-191 Dan Qs. Az-Zumar: 18). http://ejournal.warunayama.org/index.php/triwikrama/article/view/53
Niken, & Ichsan. (2024). HUBUNGAN ANTARA LITERASI DIGITAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MEMBACA BERITA ONLINE. http://jurnal.kolibi.org/index.php/cendikia/article/view/1570
Nur, Ahmad, & mendidik. (2019). Literasi Digital, mendidik anak di era digital bagi orang tua milenial. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/MADANI/article/view/3267
Rahmawati. (n.d.). Pengantar Psikologi Sosial. Bumi Aksara. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=BTpwEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=dan+mendukung+keberagaman+pemikiran.+Hal+ini+dapat+membantu+seseorang+untuk+melihat+suatu+masalah+atau+topik+dari+berbagai+perspektif+yang+berbeda,+sehingga+dap&ots=4Ut6HiN7fi&sig=S_EDaUURKaOG3RIZrpXfVS50_sk
Sani. (n.d.). Pembelajaran berbasis hots edisi revisi: higher order thinking skills. Tira Smart. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=GrfrDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=dan+memperluas+wawasan+seseorang+terhadap+berbagai+sudut+pandang.+Dengan+terus+membaca,+seseorang+juga+dapat+mengembangkan+kemampuan+berkomunikasi+dan+mengekspr&ots=kIwTOTXAB6&sig=bq1A9VeltZ4FqPm2SiAgY_fz4UQ
Setiawan. (n.d.). Relevansi Keterampilan Membaca Kritis dengan Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran Abad 21. UMMPress. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=8ubiEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR4&dq=Berfikir+kritis+melibatkan+kemampuan+untuk+mempertanyakan,+memahami,+dan+menginterpretasikan+informasi+dengan+cermat.+Dengan+membaca+secara+kritis,+seseorang+da&ots=Ry-ySMf9-1&sig=axCBT2iaCL6_81UfqGwKrGVQeD4
Sihotang. (n.d.). Berpikir kritis: Kecakapan hidup di era digital. PT Kanisius. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=5vr6DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA4&dq=Selain+itu,+membaca+secara+kritis+juga+dapat+membantu+seseorang+untuk+mengembangkan+sikap+skeptis+yang+sehat+terhadap+segala+hal+yang+mereka+baca,+sehingga+tida&ots=eANkKu5DMx&sig=luuBXC8AUSYCrQXB6KGndd-XCQw
Siswono. (n.d.). Berpikir kritis dan berpikir kreatif sebagai fokus pembelajaran matematika. https://www.academia.edu/download/51806316/1046-1019-1-PB.pdf
Sudarsana. (2014). Pembinaan minat baca. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PUST4421-M1.pdf
Surya. (n.d.). Menjadi manusia pembelajaran. Elex Media Komputindo. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=zEfEeqXqkPgC&oi=fnd&pg=PA1&dq=memperluas+pengetahuan+seseorang.+Selain+itu,+membaca+juga+dapat+menjadi+sumber+inspirasi+dan+motivasi+bagi+seseorang+untuk+mencapai+tujuan+dan+meraih+impian+me&ots=Xz5_8cJ7m5&sig=G8txvhHtudM2m-EF9YVXeV-OaDA
Tita, & Hana. (n.d.). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=M_UrEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=,+membaca+secara+kritis+merupakan+langkah+awal+yang+penting+dalam+memperoleh+pengetahuan+yang+akurat+dan+membangun+pemikiran+yang+rasional.+Dengan+demikian,+pen&ots=_M8abNZK4h&sig=d9xrKX2VIxK7Iw3MFR6ftoWEHaE
Wattimena. (2016). Pendidikan filsafat untuk anak? Pendasaran, penerapan dan refleksi kritis untuk konteks Indonesia. https://core.ac.uk/download/pdf/291838474.pdf
Wika. (2024). Dinamika pembelajaran retorika dan berpikir kritis pada mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Jakarta. https://jurnal.iicet.org/index.php/jppi/article/view/3706
Winarso. (2014). Membangun kemampuan berfikir matematika tingkat tinggi melalui pendekatan induktif, deduktif dan induktif-deduktif dalam pembelajaran matematika. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/eduma/article/view/58
Zubaidah. (n.d.). Berpikir Kritis: kemampuan berpikir tingkat tinggi yang dapat dikembangkan melalui pembelajaran sains. https://www.researchgate.net/profile/Siti-Zubaidah-7/publication/318040409_Berpikir_Kritis_Kemampuan_Berpikir_Tingkat_Tinggi_yang_Dapat_Dikembangkan_melalui_Pembelajaran_Sains/links/59564c650f7e9b591cda994b/Berpikir-Kritis-Kemampuan-Berpikir-Tingkat-Tinggi-yang-Dapat-Dikembangkan-melalui-Pembelajaran-Sains.pdf
Ahmadi, A. (2019). KONSEP BELAJAR BERSAMA ALAM DALAM PENDIDIKAN FORMAL PERSPEKTIF ALQURAN. AL-FIKRAH: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman, 2(2), 80-98.