IMPLEMENTASI METODE AMTSILATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING SANTRI AT-TAUFIQIYAH AENGBAJARAJA BLUTO SUMENEP
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode Amtsilati dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning santri At-Taufiqiyah Aengbajaraja Bluto Sumenep. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus. Dan metode pengumpulan data denganmenggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Metode Amtsilati telah terimplementsikan sebagai metode dalam membaca kitab kuning melalui beberapa langkah yaitu pertama, perencanaan pembelajaran, meliputi merumuskan tujuan pembelajaran metode Amtsilati, Menentukan materi pembelajaran metode Amtsilati, Menentukan metode pembelajaran metode Amtsilati, Menentukan media pembelajaran metode Amtsilati , dan Target pembelajaran metode Amtsilati. Kedua, Proses pembelajaran metode Amtsilati Di Pondok Pesantren At-Taufiqiyah Aengbajaraja Bluto Sumenep, terbagi menjadi tiga bagian diantaranya: Kegiatan pendahuluan, Kegiatan inti, Kegiatan penutup. Ketiga, evaluasi pembelajaran metode Amtsilati di Pondok Pesantren At-Taufiqiyah Aengbajaraja Bluto Sumenep, yaitu berupa tes tulis.
Katakunci: Amtsilati, Membaca, Kitab Kuning.
Abstract
This study aims to describe the implementation of the Amtsilati method in improving the ability to read the yellow book of At-Taufiqiyah students of Aengbajaraja Bluto Sumenep. The approach in this study uses a qualitative approach, while the type of research used in this study is a case study. And data collection methods using interviews, observation and documentation. The results of this study state that the Amtsilati method has been implemented as a method of reading the yellow book through several steps, namely first, learning planning, including formulating the learning objectives of the Amtsilati method, determining the learning materials of the Amtsilati method, determining the learning method of the Amtsilati method, determining the learning media of the Amtsilati method, and Target learning method Amtsilati. Second, the learning process of the Amtsilati method at Pondok Pesantren At-Taufiqiyah Aengbajaraja Bluto Sumenep, is divided into three parts including: preliminary activities, core activities, closing activities. Third, the evaluation of learning the Amtsilati method at the Pondok Pesantren At-Taufiqiyah Aengbajaraja Bluto Sumenep, which is in the form of a written test.
Keywords: Amtsilati, Reading, Yellow Book.
References
Ach. Sholehuddin dan Mualim Wijaya, “Implementasi Metode Amtsilati Dalam Meningkatkan Kemampuan Maharah Qiro’ah,” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, vol.3, no. 1 (14 Mei 2019): 47.
Ahmad Hamdani, “Metode Praktis Buku Amstilati dalam Meningkatkan Baca Kitab Kuning di Pondok Pesantren,” Jurnal Pendidikan Islam An-Nida Pasca PAI Uninus, Vol. 6 No. 1 (t.t.), 11.
Ajat Rukajat, Teknik Evaluasi Pembelajaran (Grup Penerbitan CV Budi Utama, t.t.). 2.
Ariep Hidayat dkk., “Metode Pembelajaran Aktif dan Kreatif Pada MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH DI KOTA BOGOR,” Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 09/No. 01 vol.09 (2020): 16.
Azizah Nor Laila dan Fathur Rohman, “Pesantren Amstilati Sebagai Role Model Pendidikan Berbasis Anti Radikalisme di Jepara,” Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, Vol.1 No. 2 (2018), 9.
Cece Wijaya dan Rusyan A. Tabrani., Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar (Bandung: Remaja Karya, 2001).
Darmiyati Zuchdi, Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca (Yogyakarta: UNY Press, 2007).
Farida Rahim, Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar (Jakarta: UNY Press, 2007).
Galih Pranawo, Monografi Pengelolaan Pembelajaran Mata Pelajaran Produktif Kelas Nautika (Anggota IKAPI No.181/JTE/2019, t.t.) 16.
Galih Pranawo, Monografi Pengelolaan Pembelajaran Mata Pelajaran Produktif Kelas Nautika. 16
Galih Pranawo, Monografi Pengelolaan Pembelajaran Mata Pelajaran Produktif Kelas Nautika.16.
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, t.t.), 248.
Mohammad Toha dan Abd. Karim, Kitab Kuning dan Dinamika Studi Keislaman (Pamekasan: Miftahus Surur, t.t.).
Muhammad Mustofa, “Memahami Terorisme: Suatu Perspektif Kriminologi,” Jurnal Kriminologi Indonesia (2002).
Observasi, pada tanggal 05 Januari 2022.
Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru (Depok: PT Raja Grafindo Persada, t.t.), 3.
Samsul Nizar, Sejarah Sosial dan Dinamika Intelektual Pendidikan Islam di Nusantara (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, t.t.), 146.
Sholehuddin dan Wijaya, “Implementasi Metode Amtsilati Dalam Meningkatkan Kemampuan Maharah Qiro’ah.”
W.J.S. Poerwadarminto, Kamus Umum Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, t.t.).
Wawancara dengan Ustad Luqman, S.Pd., Pembimbing dan Pengajar Amtsilati Pondok Pesantren At-Taufiqiyah Aengbajaraja Bluto Sumenep, pada tanggal 04 Januari 2021, pukul 19.30 WIB di Madura.
Wawancara dengan Ustad Luqman, S.Pd., Waka Kurikulum metode Amtsilati Pondok Pesantren At-Taufiqiyah Aengbajaraja Bluto Sumenep, pada tanggal 1 Januari 2022, pukul 20.07 WIB di Madura.
Wawancara dengan Ustad Muhyidin, M.Pd., Kepala Madrasah Diniyah Takmiliyah Pondok Pesantren At-Taufiqiyah Aengbajaraja Bluto Sumenep, pada tanggal 01 Januari 2022, pukul 19.30 WIB di Madura.