PENERAPAN METODE QIROATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN BAIK DAN BENAR DI MI NIHAYATUL AMAL 2 PURWASARI KARAWANG

Authors

  • Jeani Rida Dwi Lestari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Taufik Mustofa Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Abdurohim Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode Qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, bagi para peserta didik MI Nihayatul Amal 2 Purwasari Karawang. Adapun pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus. Metode yang di gunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini ialah dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa penerapan metode Qiroati sebagai salah satu metode membaca Al-Qur’an yang di pilih. Dalam penerapannya ada 3 tahapan, Pembiasaan, Klasikal, dan Individual, pembiasaan merupakan kegiatan memca do’a pendek sehari-hari dan surat-surat pendek, Klasikal merupakan tahapan penyampaian materi dan juga sebagai sebuah sarana untuk memperbaiki makroj dari setiap hurufnya dari tahap ini pula merupakan kunci keberhasilan dari metode Qiroati, dan terakhir tahapan individual, di mana peserta didik maju kedepan satu per satu dan di simak secara langsung oleh guru dan tidak boleh di tuntun. semua dilakukan sevara sistematis, dengan tujuan agar peserta didik belajar untuk disiplin dalam segala hal terutama tentang membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, tentunya ini akan menjadi habits yang baik bagi para peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dr. Ajat Rukajat, M.M.Pd. Metodologi Penelitian. Edited by Herlambang Rahmadhani. 1st ed. Jl. Rajawali, G. Elang 6, No 3, Drono, Sardonoharjo, Ngagli, Sleman Jl.Kaliurang Km.9,3, Yogyakarta: Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama), 2021.

Fanani, Ahwan. “Mengurai Kerancuan Istilah Strategi Dan Metode Pembelajaran.” Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2014): 171–92. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.576.

Ikhsan, Siregar. “Penerapan Metode Iqro’ Dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Membaca Al- Qur’an Murid MDA Muhammadiyah Bonan Dolok Oleh: Ihsan Siregar ( Dosen Prodi PGMI, Fakultas Agama Islam, UMTS ).” Al-Muaddib 3, no. 1 (2018): 1–27. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.370.

Karnia, Nia, Jeani Rida, Dwi Lestari, Lukman Agung, Maya Aprida Riani, and Muhammad Galih. “Strategi Pengelolaan Kelas Melalui Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa Di Kelas 3 MI Nihayatul Amal 2 Purwasari.” Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP 4, no. 2 (2023): 121–36. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i2.15603.

Muhammad, Defy Habibi. “Upaya Peningkatan Baca Tulis Al-Quran Melalui Metode Qiroati.” JIE (Journal of Islamic Education) 3, no. 2 (2019): 142. https://doi.org/10.29062/jie.v3i2.97.

Mulyani, Hetty, and Maryono Maryono. “Implementasi Metode Qiroati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an.” Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (2019): 25–34. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i2.1294.

Mursidah, M. “Implementasi Penggunaan Metode Qiro’Ati Dalam Pembelajaran Baca Alquran Di Mi Ma’Arif Mayak Tonatan Kabupaten Ponorogo,” 2019. http://etheses.iainponorogo.ac.id/6948/1/210615079 MURSIDAH.pdf.

Musleh, Nur Khafifah Kamiliya, and Moh Wardi. “Implementasi Metode Amtsilati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri At-Taufiqiyah Aengbajaraja Bluto Sumenep.” Al Fikrah?: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman 5, no. 1 (2022): 1–16.

Mutoha, Yasir. “Yasir Mutoha.” Penerapan Metode Qiro’ati Dalam Pembelajaran Baca Al-Qur’an Di TPA Darussalam Paseh Banjarmangu Banjarnegara, 2020, 71.

Wakit, Saipul, and Dini Agustin. “Pelatihan Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Qiro’ati Di Madrasah Diniah Darul Ulum Mumbulsari Jember.” Jurnal Pengabdian Mayarakat Ipteks 6, no. 1 (2020): 28–33.

Downloads

Published

30-06-2024

Issue

Section

Articles