IMPLEMENTASI TRI PUSAT PENDIDIKAN DALAM RANGKA MENJAGA STABILITAS PROSES PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Lusia Herdiana Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Luthfi Nuzul Komariyadi Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
  • Fery Diantoro Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Keywords: keluarga, sekolah, masyarakat, sinergitas, stabilitas.

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam menjadikan setiap individu untuk menjadi
pribadi yang baik sesuai dengan nilai dan norma yang di tetapkan. Di era pandemic COVID-19
ini terjadi penurunan kualitas pendidikan di berbagai bidang dan tingkatan karena banyaknya
kendala permasalahan. Salah satu solusi untuk menjaga stabilitas proses pendidikan saat ini
adalah dengan menerpakan sinergitas dari tripusat pendidikan yang meliputi lingkungan
keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Ada beberapa kompetensi tersendiri
yang harus dimiliki pada masing-masing unsur lingkungan pendidikan. artikel ini akan
membahas mengenai sinergitas tripusat pendidikan dalam rangka menjaga stabilisasi
pendidikan pada masa pandemic COVID-19.

References

Amin, Alfauzan.2017. ”Sinegritas Pendidikan Keluarga ,Sekolah,dan Masyarakat, Analisis
TriPusat Pendidikan”.At-Ta’lim Vol.16 No.1
Hidayati ,Nurul . 2016.”Konsep Integrasi Tripusat Pendidikan Terhadap Kemajuan
Masyarakat“,Vol.11 No. 1
Sri Agustin ,Ni Made.2018.”Tripusat Pendidikan Sebagai Lembaga Pengembangan Teori
pembelajaran Bagi Anak “,Jurnal Pendidikan dasar dan Keimanan .Vol.9 No 2
Umar ,Munirwan .2016.”Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat dalam Pendidikan
“,Jurnal Edukasi Vol 2,Nomor 1
Sri Agustin ,Ni Made .2018.”Tripusat Pendidikan Sebagai Lembaga Pengembangan Teori
pembelajaran Bagi Anak “,Jurnal Pendidikan dasar dan Keimanan .Vol.9 No 2
Purnomo, Singgih Aji. 2020. “Manajemen Pendidikan Islam Ditinjau Dari Tripusat Pendidikan”.
Jurnal Media Informasi dan Komunikasi Ilmiah. Volume 2 (1)
15
Sy. Rohana. 2020. “Model Pembelajaran Daring Pasca Pandemi COVID 19”. At-Ta’dib: Jurnal
Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam Vol. 12 No. 02
Muzakkir. 2017. “Harmonisasi Tri Pusat Pendidikan Dalam Pengembangan Pendidikan Islam”.
Jurnal Al-Ta’dib. Vol. 10 No. 1
Sukarman. 2020. “Sinergitas Peran Tri Pusat Pendidikan Dalam Pembelajaran Berbasis Daring
Di Masa Pandemi COVID-19”. MAGISTRA Volume 11 Nomor 2
Syahputra, Muhammad Candra. 2020. “Pendidikan Orang Tua Terhadap Anak dalam Menyikapi
Pandemi COVID-19”. Equalita, Vol. 2 Issue 1
Published
2022-06-30
Section
Articles